Minggu, 18 September 2011

Contoh Laporan Prakerin SMK TKJ



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
INSTANSI PEMERINTAH
BAPPEDA ENREKANG





















Di Susun Oleh :
Nama                     : Arismunandar
Nis                         :
Bidang Keahlian   : Teknologi  Informasi Dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan



PEMERINTAH KABUPATEN ENREKANG
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK NEGERI 3 ENREKANG
TAHUN AJARAN 2010/2011
Jl. Dr. Ratulangi No. 7 Maroangin, Bangkala, Miwa, kab. Enrekang
Kode Pos 91761







LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Instansi Pendidikan Nusaherang – Kuningan

Oleh :


Arismunandar
NIS:
Menyetujui,


             KEPALA SEKOLAH                                                                GURU PEMBIMBING INSTANSI


         Drs. Sulaiman Goga, S.Pd                                                                      Herma, S. Pd


Menyetujui,
PIMPINAN
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( BAPPEDA )



ABIDIN,S.pd.I,MSI
Nip.196804121993011003










i


KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulillah…! Puji syukur kepada Allah SWT, karena atas campur tangan-Nya sehingga penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan laporan ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN) dengan baik.
Penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( BAPPEDA ) Enrekang.
Dengan ini penulis bertima kasih kepada kepala instansi yang selama kurang lebih 3 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah maupun pihak instansi, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada: kedua orang tua saya, dan Kepala SMK Negeri 3 Enrekang Pak Sulaiman Goga, S. Pd.
Akhir dari kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini tersebut. Dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan dan bermanfaat bagi semua pembaca. Amiin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

                                                                                                             Enrekang,  Desember 2011
                                                                                                                          Penyusun



                                                                                                                        Arismunandar





DAFTAR ISI



Sampul Depan / Halaman Judul ……………………………………………......

  Lembar Pengesahan …………………………………………………………......
i
Kata Pengantar ……………………………………………………………….....
ii
Daftar Isi ………………………………………………………………………….
iii


BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………………….
1
1.1 Latar belakang ……………………………………………………………....
1
1.2 Tujuan ………………………………………………………………………..
2
1.3 Manfaat ……………………………………………………………………....
2


BAB 2 LAPORAN PRAKTEK INDUSTRI (PRAKERI) …………………….
3


BAB 3 LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN) …………………………………………………………………….
4
BAB 4 VISI DAN MIS……………………………………………………………
5
BAB 5 PENUTUP ………………………………………………………………..
6
4.1 Kesimpulan …………………………………………………………………..
6
4.2 Saran ………………………………………………………………………….
6
LAMPIRAN LAMPIRAN……………………………………………………….

 












BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;




Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, serta Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”


1
1.2 Tujuan
Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1.      Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
2.      Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
3.      Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bangun Bangsa Mandiri.
4.      Mengimplotasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.
5.      Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha.
6.      Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profisional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia usaha.
7.      Memperkokoh link and mact antara SMK dan dunia kerja.
1.3 Manfaat
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
1.      Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bangun Bangsa Mandiri dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
2.      Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
3.      Untuk mengasa keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bangun Bangsa Mandiri.
4.       Dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.


BAB 2
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)

di isi sendiri ea cape nulis nya......................wkwkwkwkwkwkwkw


























BAB 3
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

No
Hari/
Tanggal
Uraian Kegiatan
Keterangan
1.



2.



3.



4.



5.



6.



7.



8.



9.

  • …………………………..

10.

  • …………………………….

11.

  • ……………………………

12.



13.



14.



15.

  • …………………………

16.



17.



18.



19.




4
 
BAB 4

VISI DAN MISI
VISI SEKOLAH
“ menyediakan sumber daya manusia yang mempunyai ‘ keunggulan kompetitif ’ agar mampu bersaing di era globalisasi “

MISI SEKOLAH
  1. Mendidik calon kerja yang yang terampil dalam bidang teknologi informatika sesua dengan kebutuhan pasar kerja memiliki jiwa wira usaha.
  2. Membekali tamatan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi,keterampilan kejujuran yang potensial serta memiliki akhlak dan budi pekerti luhur.
  3. Menjalin kerja sama dan kemitraan dengan dunia usaha industri instansi terkait dengan masyarakat dalam uaha peningkatan kualitas / mutu tamatan.
  4. Memanfaatkan setiap peluang sehingga menjadi asset bagi pengembangan sekolah kea arah mandiri.













PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil laporan Kerja Praktek (KP) antara lain :
1.      Komunikasi dapat terjalin dengan baik antar bagian organisasi di Instansi Pendidikan Nusaherang – Kuningan karena adanya sistem jaringan komputer.
2.      Selama melakukan praktek kerja industry (PRAKERIN) penulis menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas
3.      Berinteraksi atau mengeluti dunia usaha tidak mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang yang akan kita melakukan hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kerjakan.
4.2 Saran
Penulis menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun. Adapun saran tersebut antara lain :
  1. Dengan adanya program kerja praktek ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK bangun bangsa mandiri dengan perusahaan atau instansi tempat pelaksanaan kerja praktek (instansi pendidikan nusaherang - kuningan).
  2. Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
  3. Bagi pegawai, dapatmemperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan pada perusahaan, agar siswa yang melaksanakan Kerja Praktek dapat memahaminya.
  4. Dan juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK bangun bangsa mandiri
  5. Tiap jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek
  6. Proses pembelajaran ditingkatkan dan Harapan penulis supaya kedisiplinan sekolah di tegaskan

 6








IDENTITAS SISWA

Nama                                                      :     Arismunandar
Tempat, Tanggal Lahir                             :     Rappang, 13 Desember 1993
Jenis Kelamin                                         :     Laki-Laki
Golongan Darah                                     :     -
No. Induk Siswa                                    :    
Sekolah                                                  :     SMK NEGERI 3 ENREKANG
Alamat                                                   :    

No. Telepon                                           :     085242764732
                                                               :    
Catatan Kesehatan                                 :     -
Nama Orang Tua / Wali                         :     -
Alamat Orang Tua / Wali                       :     Salokaraja, Desa Pattondong Saku
No. Telepon Orang Tua / Wali               :    





                                                                            Indramayu, ……………….2011

                                                                                                     
                                                                                            Arismunandar

IDENTITAS DUNIA USAHA / INDUSTRI

Nama Perusahaan / Industri          :      BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH ( BAPPEDA )
No. Telepon                                   :      -
Nama Pemimpin                            :     Bpk Drs. H. A. Hamzah, M. Si

Nama Pembimbing                        :                
  Ibu Hj. Rosmiana, SE














 
SMK NEGERI 3 ENREKANG
BIDANG KEAHLIAN TEKHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
JLN. DR. RATULANGI NO. 7 MAROANGIN, BANGKALA, MAIWA, KAB. ENREKANG 91761

LAPORAN PENILAIAN PEMBIMBING DARI DUNIA USAHA / INDUSTRI
DW
KKM
KK
IK
P
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
a
b
c
d
B
a
b
c
d
B
a
b
c
d
B
a
b
c
d
B
a
b
c
d
B
Komentar Pembimbing :




Pembimbing

Ibu Hj. Rosmiana, SE


Keterangan :
DW          :       Disiplin                                                               a   =    Sangat Baik
KKM       :       Kemauan Kerja & Motivasi                               b   =    Baik
KK           :       Kualitas                                                              c   =    Cukup
IK            :       Inisiatif & Kreatifitas                                         d  =    Kurang
P              :       Perilaku


SMK NEGERI 3 ENREKANG

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com